Rabu, 02 April 2008

PABLO AT A GLANCE

PABLO AT A GLANCE
Sekilas tentang PABLO

Paguyuban Alumni Bintang Laut Solo yang populer dengan sebutan PABLO merupakan salah satu buah manis yang dipetik saat Reuni Akbar SMP Bintang Laut Solo tahun 2003.

Dideklarasikan 2 Agustus 2003 di nDalem Wuryaningratan, Jl. Slamet Riyadi 261 Surakarta dihadapan sekitar 2.000 alumni yang hadir saat itu.

Pada 29 Februari 2004, pengurus lengkap PABLO terbentuk dengan Ketua Umumnya Bp. GY Soehadi (alumni pertama sekaligus Guru Mate-matika di SMP Bintang Laut). Saat dikukuhkan pengurus mengucapkan dan menanda tangani janji pengurus, yakni : pengurus bekerja secara suka rela; Pengurus harus jujur dan bertanggung jawab dalam menjalankan Paguyuban; serta Pengurus tidak menjadikan PABLO sebagai sumber peng-hasilan pribadi.

Visi PABLO :
“Lahir dari Satu Asuhan yang Tulus Penuh Pengorbanan PABLO Bersatu untuk Mem-bangun Generasi Bangsa yang Cakap, Tanggap, dan Santun.”

Misi PABLO :
"Menumbuhkan Kesadaran Diri, Sebagai Buah dari Pendidikan Pangudi Luhur Bintang Laut Solo yang Tertib, Terarah, dan Disiplin.
Berusaha Memberikan Kontribusi Tumbuh Ber-kembangnya Almamater.
Ikut Berperan Aktif dalam Membentuk/ Mela-hirkan Warga Masyarakat yang Bermartabat dengan Tingkat Sumber Daya Manusia yang Mampu Bersaing di Tingkat Global.”

Derap langkah PABLO mulai tahun 2004 mewarnai almamaternya. Prinsip transparan, akuntabel, rapi & tertib administrasi, serta kerja sama tim, terus mengalir menjadi nafas alumni dalam berkontribusi kepada SMP Bintang Laut.


Dengan prinsip diatas, modal awal sisa Reuni Akbar 2003 sebesar Rp. 84,5 juta, berha-sil dikembangkan sehingga mencapai ± Rp.180 juta. Laporan keuangan dapat dicek oleh siapapun dan kapanpun.

Selama kurun waktu 2004 – 2007 dari dana yang dikumpulkan tsb telah dipakai untuk keperluan sekretariat seperti : membeli komputer, printer, kamera digital, almari, hand phone, dsb.

Selain itu untuk almamater PABLO telah melakukan banyak hal, baik yang berupa fisik maupun non fisik, yakni :
● Memasang keramik pada dinding di sebagian kelas dan koridor sekolahan.
● Membantu pengadaan almari dinding untuk display buku baru perpustakaan.
● Memberikan bea siswa kepada siswa yang tidak mampu.
● Menyiarkan berita tentang SMP Bintang Laut dan PABLO di media cetak.
● Menyelenggarakan Bazar setiap tahun dalam rangka HUT SMP Bintang Laut.
● Menyelenggarakan seminar untuk guru & siswa dengan pembicara alumni yang ber-kompeten.
● Sharing dengan Kepala Sekolah & Staf tentang ISO 9001 : 2000, UU 21/ 2003 ten-tang Sistem Pendidikan Nasional.
● Membantu pelaksanaan penerimaan siswa baru (PSB), Dsb

Sisa dana PABLO setelah digunakan, sebagian dialokasikan sebagai dana abadi. Dari bunga dana abadi inilah untuk menopang kegiatan dan kiprah PABLO untuk almamater.

Oleh karena terbatasnya dana abadi saat ini, pengurus mengetuk hati para donatur, khusus-nya para alumni yang tersebar di seantero dunia untuk berpartisipasi dalam kegiatan Reuni Emas yang akan dilaksanakan tanggal 1 & 2 Agustus 2008 seperti pada proposal yang tersedia.

Tidak ada komentar: