Selasa, 06 Mei 2008

TUND DESEM BERAKSI DI SMP BINTANGLAUT



Seminar Bersama TUNG DESEM WARINGIN


Dalam rangka reuni emas PABLO ke 50 tahun, diadakan seminar yang dipimpin oleh Bapak Tung Desem Waringin. Beliau merupakan seorang pembicara terbaik, pelatih sukses nomer satu di Indonesia dan juga merupakan “the most powerful in business”. Seminar yang bertema “DAHSYAT” ini terbagi atas 2 sesi, yaitu:
~ sesi 1 : pukul 10.00 – 12.00
~ sesi 2 : pukul 13.00 – 15.00.
Pada sesi 1, seminar yang bisa dibilang “spesial” ini dipimpin langsung oleh Bapak Tung Desem Waringin. Sedangkan pada sesi 2 dipimpin oleh murid “kesayangan” Bapak Tung Desem yang bernama Bapak Dicky. Seminar tersebut diadakan pada hari Minggu, 04 Mei 2008.
Sebelum seminar dimulai, Bapak Tanto Nugroho, selaku sekretaris PABLO, membuka acara. Pada saat pembukaan, Bapak Tanto Nugroho menjelaskan apa penyebab seminar ini terselenggara. Setiap acara pasti bisa terselenggara bila ada sponsor, begitu juga seminar ini. Seminar ini disponsori oleh TDW Resources, Metro TV, Media Indonesia, Smart FM, Gramedia penerbit buku utama, dan Gramedia toko buku. Acara ini diselenggarakan di SMP Pangudi Luhur Bintang Laut. Stand makan siangnya telah disiapkan matang-matamg sehingga akhirnya dipilih 3, yaitu: Teh Gardoe, Diamond Dim Sum, dan Olive Water.
Acara ini terselenggara karena PABLO. PABLO pun memiliki silsilah sebagai berikut:
• Kilas Balik Reuni 2003
~ menghasilkan sebuah pertanyaan, yaitu: “Mengapa SMP PL Bintang Laut yang terkenal ini
belum pernah mengadakan reuni akbar dan tidak punya wadah untuk para alumnus?”
~ memiliki sasaran untuk membentuk wadah para alumnus.
~ hasil nyata berupa :
-terbentuknya PABLO
-dana ABADI dari sisa dana reuni 2003 sejumlah RP. 86.500.000,-.
Setelah kilas balik reuni 2003, PABLO melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu:
• ARAH dan SASARAN REUNI EMAS SMP PANGUDI LUHUR BINTANG LAUT
~ meningkatkan dana ABADI PABLO dengan cara memberi dukungan pada almamater dalam
persaingan yang semakin ketat.
~ menyambung tali persaudaraan lebih dalam lewat persaudaraan sebagai mitra bisnis dan “besan”
~ meningkatkan kiprah para alumnus dan mendongkrak daya saing Bintang Laut di tengah
persaingan yang semakin ketat.
Hingga akhirnya setelah melewati perdebatan panjang, lahirlah tema:
“BerkumpulMerajut Hati, Bermanfaat Mempererat Tali Silaturahmi, Berbuah Bagi Almamater dan Alumnus”.


Pembicaraan dalam Seminar

Pada saat awal seminar, dijelaskan beberapa jenis kecerdasan, antara lain: kecerdasan visual/keruangan, kecerdasan tubuh/indra peraba, kecerdasan musik. Tapi “crew”nya Om Tung juga nggak lupa mempromosikan program rancangannya sendiri yaitu Super Teen (program yang mendidik anak berbakti kepada orang tua, Tuhan, serta Nusa Bangsa). Ada juga “trainer”nya yaitu Dr. Ernest Wong. Beliau adalah seorang founder/master trainer, consultant to Hong Kong University, dan sudah 22 tahun berkecimpung dalam dunia permotivasian. Di Super Teen, Om Tung tetap punya jabatan, yaitu sebagai “Co-Trainer”
Setelah menjelaskan Super Teen, pendengar langsung beralih ke dialog yang mengulas tentang jenius.
Jenius berciri – ciri :
~ pada umur 1 tahun sudah dapat membaca
~ pada umur 5 tahun sudah menyelesaikan 1 buku ensiklopedia
~ pada umur 6 tahun dapat membaca 6 buku dalam sehari
~ pada umur 12 tahun sudah duduk di bangku kuliah
~ pada umur 15 tahun mengajar di universitas
Ada juga faktor yang mempengaruhi kepandaian seseorang, yaitu jumlah sel otak dan jumlah sambungan sel otak (neurons). Sebagai contoh, Dr. Miriam diamond, dari universitas di California Berkeley pernah mendapat kehormatan untuk meneliti otak Albert Einstein. Sebenarnya jumlah sel otak milik Albert Einstein sama dengan layaknya manusia. Namun karena banyak aktifitas yang positif, jumlah sambungan sel otak 75% lebih banyak dari manusia biasa.
Tiap jenjang umur, neurons kita terus berkembang. Saat dewasa, kita memiliki10 – 30 miliar neurons. Sedangkan saat 8 minggu berada didalam kandungan, kita masih belum terlihat jelas karena masih dalam proses pembuahan. Pada usia 12 minggu didalam kandungan, jumlah neurons adalah 2.000/detik. Dan akhirnya, pada usia 20 minggu didalam kandungan, jenjang pertama terlengkapi.
“Terjadilah padaku menurut perkataan-Mu” ya , begitulah sepintas doa Salam Maria. Doa ini seolah mengajarkan untuk berkata-kata baik. Agar kita menjadi baik, kita harus membuat orang tua agar tidak berkata kotor untuk kita. Sebagai contoh, Masaru Emoto telah meneliti air. Jika air dikata-kata hal yang negatif, maka akan keruh dengan sendirinya dan begitu pula sebaliknya. Sedangkan, manusia terdiri dari 60% air. Jika dikata-kata hal negatif, wah bisa runyam tuh!
Oh ya, pasti semua tahu apa itu ujian dan pernah mengalaminya. Tapi, saat ditanya definisinya, ya ampun, semua salah kaprah. Sekalian berbuat baik, saya akan memberi definisi ujian. Ujian adalah tes kecepatan mengingat dan aplikasinya. Saat tes, kita pasti sering sembelit otak. Sembelit otak adalah kemampuan otak saat tidak bisa mengingat suatu hal pada waktu tertentu. Agar tidak terus-menerus, mungkin kita harus tahu berbagai hal tentang otak.


Otak terdiri dari 2 bagian, yaitu kiri dan kanan. Tetapi, jumlah otak tetaplah hanya 1. pada penelitian, hasil membuktikan bahwa wanita lebih pandai dari pada para pria karena jumlah sambungan sel otaknya lebih banyak. Namun, pada umur 14 tahun, kemampuannya menurun karena lebih dipengaruhi oleh alam. Otak kiri dan kanan punya fungsi masing-masing. Fungsi otak kiri : menuju arah logika, urutan, nomor, bahasa, linear, tujuan, analisa, rasional, kata-kata. Fungsi otak kanan : keseluruhan, non-verbal, berkhayal, gerakan, irama, warna, musik, kreatifitas, dan emosi.


Informasi ini adalah sekilas tentang otak yang dijelaskan di seminar. Apa kalian anak yang rajin (jujur aja dech)? Jika rajin, pasti anggapan kalian adalah belajar bisa dimana saja, termasuk rumah. Namun, belajar di rumah kadang juga ada masalahnya, antara lain : malas, internet-an, tidak bermotivasi, pengin bermain, nonton TV, SMS-an, tidak menggunakan waktu dengan sungguh-sungguh dll.

Penyusun,
Fellicia Ikko Permata Jelita, VII H / 19


WWW.BINTANGLAUT.COM
081 126 30 300
1-2 AGUSTUS 2008 (tHE D daY)

Tidak ada komentar: